Spesifikasi Fitting HDPE

5 comments
Fitting HDPE adalah bagian dari aksesoris pipa hdpe yang digunakan untuk menyambung pipa dan menentukan arah dan bentuk sesuai yang diinginkan oleh para kontraktor, Sambungan Pipa HDPE memiliki Spesifikasi yang khusus, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan baik baik penjelasan berikut, Jenis fitting hdpe ada Fitting Buttfusion, Fitting Electrofusion. Fitting Buttfusion ada tiga jenis yaitu fitting Molded, segmented dan compression. Fitting moulded atau fitting molding yakni fitting hdpe cetakan yang diproduksi oleh pabrik, dengan demikian fitting molding mempunyai kualitas yang bagus diantara fitting hdpe yang lain, soalnya lebih kuat yang pabrikan saat dalam keadaan bertekanan tinggi, harga nya pun relatif murah tetapi tidak murahan. fitting segmented adalah fitting sambungan pipa hdpe yang disambung oleh perorangan yakni disambung sendiri oleh tekhnisi. misalkan pipa hdpe dipotong dan disambung-sambung terus dibikin elbow, dibikin Tee, dan lain lain. fitting compression merupakan fitting hdpe yang memiliki Drat dan tidak memerlukan mesin Las HDPE untuk menyambung dengan pipa. 

Mengenal SDR PN dan DN.
apa itu SDR, PN & DN? seringkali kita bertanya tentang arti dan maksud dari SDR, PN & DN dalam Pipa PE, dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang SDR,PN & DN. SDR merupakan singkatan dari Standard Dimension Ratio. Tingkat tekanan pipa (PN) ditentukan oleh diameter, ketebalan dinding dan jenis material.
PN - Tingkat tekanan Pipa pada 20 ° C (MPa x 10)
Polyethylene (PE) adalah jenis bahan dasar yang digunakan untuk produksi pipa ar PE63, PE80 dan PE100, Nomor menunjukkan kekuatan jangka panjang, yang berarti PE 63 adalah pipa yang memiliki kandungan bahan Polyethylene 63%, PE 80 berarti kandungan PE 80%, dan PE 100 lah yang terbaik, karena memiliki kandungan PE 100%. Berikut rumusnya mengenai SDR:
Pipa HDPE dilambangkan (S)

       diameter luar - ketebalan dinding
S = --------------------------------------
                   2 x ketebalan dinding
Standard Dimension Ratio (SDR) berfungsi untuk mengetahui seberapa banyak campuran bahan dari pipa tersebut.
              min. diameter luar
SDR = -------------------------- = 2S + 1
                min. ketebalan dinding

Semakin tinggi SDR, maka semakin rendah tingkat  tekananya. berikut beberapa contoh mengenai SDR dalam pipa PE 100: SDR 11 adalah PN 16, SDR 17 adalah PN 10, SDR 21 adalah PN 8. 
untuk DN sendiri artinya adalah Diameter dari Pipa tersebut. misalkan DN 63 artinya diameter 63mm atau 2 inch, misal DN 110 artinya diameter 4" atau 110mm. 
tetapi pada dasarnya SDR atau PN tidak begitu pengaruh terhadap pipa yang akan disambung, karena cuma memiliki selisih sedikit, kurang lebih 2 mili untuk diameter tertentu, jadi tidak ada masalah untuk pipa dan fitting hdpe yang berbeda PN atau SDR nya.
Pada Intinya PN dan SDR berbicara mengenai ketebalan Fitting dan pipa HDPE dalam segi dalam saja, bukan sisi luar.
Lihat juga:

Jika ada pertanyaan, jangan ragu hubungi kami, dengan senang hati kami akan melayani dengan sepenuh hati karena kepuasan customer adalah hal yang utama bagi kami.

PT Mutiara Tga Berlian
Jl.D.I. Panjaitan No 7 Jakarta Timur 13410
HP: 082137447354 / 085729260445
email: johansantosa13@yahoo.com
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

5 komentar:

  1. kalau diameter 6 inch itu berapa bu? 160 atau 163 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ukuran 6 inch itu sama dengan diameter 160mm pak..

      Hapus
  2. diameter 6 inch itu 160mm, memang benar klw kita hitung kebanyakan jg orang2 pada menganggap bahwa ukuran pipa 6 inch itu sama dengan 163mm. tetapi yang benar adalah 160mm. :)

    BalasHapus
  3. bu Esty, kemarin saya telpon berkali2 tidak dijawab. ibu lg sibuk kah??

    BalasHapus

Hubungi Kami :

PT Mutiara Tiga Berlian

Alamat : Jl. D.I. Panjaitan No 7 Jakarta Timur 13410

Attn : Johan Santosa

HP : 082137447354 / 085729260445

email : johansantosa13@yahoo.com

website : www.hdpe-fitting.com

Product